2020 Saya Ingin Lebih Banyak Membaca Buku!

Gak usah ditunda-tunda lagi, mulai hari ini juga!

Selamat tahun baru, teman-teman! Masih ada gak sih yang suka baca blog yang jarang update ini. Astaghfirulloh gak ada malu-malunya ya saya. Datang tak dijemput, pulang tak diantar.

Whatever!

So langsung aja kita bahas mengenai niatan saya di tahun baru ini. Yep, saya ingin lebih banyak membaca buku. Ini sungguh kebiasaan yang sudah lama sekali saya tinggalkan sejak lulus sekolah hampir satu dekade lalu.

Mari kita kembali ke 7 tahun yg lalu...

Di 2013 saya pernah nulis postingan berjudul Aku Ingin Hidup Damai, Membaca Buku. Ya, seperti judulnya isi tulisannya secara gamblang menjelaskan betapa sederhananya cita-cita saya.

Namun ada hal yang menyedihkan juga bahwa kesimpulan dari postingan itu adalah saya akan berjuang untuk nyaman dulu baru setelah itu baca buku. Well, itu pemikiran 7 tahun yang lalu. Pemikiran anak 20 something.

But today.... I wanna do it now!

Alasan kenapa mau banyak baca bukunya baru sekarang...

Tentu banyak alasan mengapa saya baru mau merealisasikan hidup damai, membaca buku ini baru sekarang.

1. Kebiasaan baik kenapa ditunda-tunda?
Ya, tak ada waktu lagi untuk menunggu kenyamanan atau pun kemapanan lalu setelah itu baca buku. Saya harus memulainya dari sekarang!

2. Udah sering beli, tapi gak dibaca
Sungguh disayangkan buku-buku yang sudah dibeli banyak yang belum dibaca. Dijual sayang. Masa dikilo buat bungkus gorengan.

So, saya putuskan bahwa 2020 saya ingin lebih banyak membaca buku! Buku apa itu? Buku apa aja! Mau fiksi atau pun non fiksi, semuanya saya baca.

Yang pertama kali akan saya lakukan adalah menghabiskan semua buku sudah saya punya dulu. Setelah semua selesai, baru deh beli lagi.

3. Mendukung profesi saat ini
Dan sebenarnya hal ini juga akan sangat mendukung profesi saya saat ini sebagai content writer. Mudah-mudahan kebiasaan baru ini akan membuat tulisan saya lebih berwarna dan lebih berisi.

4. Udah nerbitin buku tapi gitu deh...
Satu alasan lain yaitu tahun lalu saya berhasil menerbitkan 3 buku antologi bersama @inikreatif. Iya maaf sekali saya gak ada update apa-apa di sini! Insyaalloh nanti share pengalamannya juga bagaimana saya bisa menerbitkan buku.


Ini penampakan salah satu bukunya di Instagram saya:

Nah, OK lah saya bisa menerbitkan buku. Tapi karena saya yang jarang baca. Saya merasa karya saya biasa aja gitu. Tetap merasa bangga. Tapi takarannya tidak penuh.

Itulah empat alasan mengapa saya mau mulai hidup damai, baca buku sekarang. Kalau masih berleha-leha juga, memalukan udah ampe bikin postingan gini dan semua orang tahu. hahaha

Resolusi lain di tahun ini! Ditulis aja dulu mudah-mudahan dilancarkan. hehe

1. Pengen coba collab nulis sesuatu dengan orang lain, nih.
2. Pengen rajin posting minimal seminggu sekali. Do'akan aku, ya (macam benteng takeshi)
3. Pengen rajin lagi lari 5 km. Ya, minimal seminggu sekali lah seperti dua tahun yang lalu.
4. Pengen belajar bahasa German.
5. Pengen belajar bahasa Jawa. Apa? Kan udah setahun di Jogja, masa masih belum bisa? Iya emang belum bisa sih. hehe Isin aku.
6. Pengen lebih lihai mengelola keuangan
7. Pengen lebih berani untuk berkata "Tidak!"
8. Pengen banyak traveling juga. Ya gak jauh-jauh sih. Di Jogja aja.

Wahaha... Banyak maunya ya ternyata saya. It's ok biar ada semangat untuk hidup! Berusaha aja dulu, itu jalannya. Hasil mah kan tetap yang di atas yang nentuin.


Insyaalloh bisa!

OK. Postingan awal tahun ini dicukupkan sekian.

Boleh tahu kalo teman-teman punya resolusi apa tahun ini?
Ada rekomendasi buku untuk saya baca? Share di komen, ya!
Terimakasih.
Salam,
uyo yahya

2 comments

  1. Waaaah jadi gimana mas, apa target membaca bukunya udah tercapai ;)?

    Aku sendiri suka banget baca, thanks to papa yang ngenalin buku ke anak2nya sejak bayi, dan bikin aku serta adek2 jadi suka bgt membaca. Aku sendiri punya perpustakaan pribadi di rumah saking rutin beli buku tiap bulan :D. Tapi memang pas msh kerja, aku sempet ga rutin membaca buku Krn udh capek kerja dr pagi pulang malam. Kemudian 2020 Kmrn aku resign, dan mutusin di rumah aja . Baru deh untuk ngisi waktu aku bikin target baru membaca buku: 1 Minggu,1 buku. Lalu aku review di IG dan FB. Alhamdulillah msh konsisten sampe skr :D. Malah JD terbiasa.

    Apalagi di saat pandemi, aku yg terbiasa traveling tiap tahun, dan skr hrs stop, cukup bikin stress. Salah satu hiburanku ya buku :)

    ReplyDelete
  2. Sayapun begitu, pingin lebih rajin baca buku, cuma saya ubah menjadi deep reading, yakni baca buku secara mendalam, diulang-ulang dan menulis resensinya. Semoga planning ini bisa terwujud di tahun 2021 dan segera bisa nerbitin buku juga. Mumpung lagi isoman banyak waktu, hehehehe.....

    ReplyDelete