Ngeri! Dengerin Album Billie Eilish Sambil Tidur Beneran Auto Ketindihan (Sleep Paralysis) | MusicReview

Billie Eilish
Hi, have a great weekend, teman-teman!

Di postingan kedua di tahun ini saya akan membahas tentang penyanyi pendatang baru di jagad internesyenel. MusicReview kali ini mengangkat penyanyi remaja yang namanya sedang melambung di dunia tarik suara. 

Siapa lagi kalau bukan Billie Eilish? Selain itu, saya juga akan memperkenalkan teman-teman pada album pertamanya!

Billie Eilish yang bernama asli Billie Eilish Pirate Baird O'Connell ialah seorang penyanyi remaja asal Amerika Serikat. Ia berhasil mendapatkan perhatian dunia setelah single pertamanya yang berjudul ocean eyes dirilis pada tahun 2016. 

Namanya pun kian melejit saat tahun berikutnya ia merilis EP album berjudul don't smile at me dan juga satu single duet bersama Khalid yang berjudul lovely. 

Banyak yang mengatakan style bermusiknya sama dengan Lorde. Ada juga yang bilang bahwa Ia adalah perpaduan Lana Del Rey dan Lorde. Namun ternyata Billie juga merupakan penyanyi baru favorit Lorde. Billie juga mengidolakan Lorde dan Lana. Hahaha i love them all!

Penyanyi yang baru berusia 17 tahun ini telah merilis album pertamanya yang berjudul:

WHEN WE ALL FALL ASLEEP, WHERE DO WE GO?

yang bila diartikan dalam bahasa menjadi:

SAAT KITA TIDUR, KEMANAKAH KITA PERGI?

Ada yang tahu jawabannya? Share di komen ya kira-kira kemana tuh kita kalau lagi tidur.


Ini dia cover album WHEN WE ALL FALL ASLEEP, WHERE DO WE GO?
Album pertamanya ini berisikan 14 lagu yang akan dibahas atau direview satu persatu di postingan ini. Saya akan mencoba menelaah dari segi lirik dan pesannya.

Karena itulah yang selalu membuat saya jatuh cinta pada seorang penyanyi, hal apa yang mau dia sampaikan pada pendengarnya. Dari segi musik pun akan dibahas namun lebih ke apresiasi.

29 Maret 2019 adalah tanggal rilis resminya dari album ini. Sebenernya ada niatan untuk nulis seminggu setelah mendengarkan. Tapi saya urungkan karena ingin tahu apakah album ini bisa tumbuh di diri saya atau hanya selewat saja. 

Beberapa lagu sudah dirilis sebagai single dan sudah mencuri banyak perhatian penikmat musik di dunia, termasuk saya. OK, langsung kita eksekusi dari track pertama!

1. !!!!!!!

Ya inilah track pertama dari albumnya yang sebenarnya bukan sebuah lagu. Ini hanyalah alat pembuka untuk menuju lagu yang sesungguhnya yaitu track kedua. Tapi suara dari track ini lumayan memberikan mood yang menyenangkan. Coba teman-teman putar saja track di bawah ini!

 

2. bad guy

Dan inilah lagu pertama yang sebenarnya berjudul bad guy. Musiknya upbeat dan lumayan bikin mood asyik saat mendengarkannya pagi hari. Dari liriknya bad guy ini menceritakan Billie yang mengkonfrontasi seorang teman atau siapa pun itu

Orang menganggap dirinya kuat, gagah, tangguh, dan menyatakan bahwa dirinya lebih dari orang tersebut karena dia 'bad guy'. Cocok didengerin untuk menambah rasa percaya diri. Ini dia snippetnya:



Dan ini dia video musiknya yang dirilis hampir bersamaan dengan albumnya 29 Maret 2019. Ini adalah video klip paling colorful yang pernah dimiliki Billie karena semua video klip sebelumnya selalu gelap dan muram.



3. xanny

Lepas dari lagu sebelumnya yang lumayan jedag-jedug, lagu kedua dari album ini langsung berbeda drastis. Dari beberapa video reaction yang saya lihat di YouTube, katanya lagu ini ironi. 

Pesan lagu ini adalah agar kita tidak menggunakan xanax, sejenis narkoba, tapi suasana yang diberikan oleh lagu ini adalah sama persis seperti saat mengkonsumsinya. Sok, mangga dipeley!




4. you should see me in a crown

Lagu ketiga ini bukanlah lagu yang asing bagi yang sudah mengikuti perjalanan billie. Pasalnya lagu ini sudah dirilis terlebih dahulu sebagai single sebelum keseluruhan album. 

Dalam satu wawancara ia menyatkan bahwa lagu ini terinspirasi dari dialog di serial TV The Walking Dead yaitu "you should see me in a crown". Ini dia snippet dari lagunya!



Lagu ini juga telah memiliki music videonya di youtube. Ini merupakan video yang paling bikin merinding. JANGAN TONTON KALAU PENAKUT!



5. all the good girls go to hell

Track ke 5 dari album ini dinyatakan sebagai salah satu lagu yang begitu gelap. Di sini Billie bercerita tentang seseorang atau dirinya sendiri yang sudah menyerah dengan keharusan berbuat baik.

Ia memperkuat keputusannya dengan menyatakan bahwa toh Tuhan pun punya musuh. Mari dengarkan teaser nya berikut ini!



6. wish you were gay

Track 6. wish you were gay. Dilihat dari judulnya cukup kontroversi dan memang itu pun terjadi saat lagu ini dirilis sebagai single. Katanya lagu ini merendahkan komunitas gay. 

Namun billie sendiri meyatakan bahwa lagu ini bercerita tentang billie yang menyukai seseorang namun orang tersebut tidak menyukainya, karena billie tidak melihat alasan mengapa bisa demikian, berharap orang tersebut gay lebih mudah diterima daripada alasan apa pun. Coba puter lagunya di bawah ini!



7. when the party's over

Kita sampai di tengah-tengah dari album ini, track 7 when the party's over. Telah dirilis lebih awal sebelum albumnya sendiri, lagu ini sudah duluan mencuri hati para pendengar. Lagunya mellow, liriknya bikin baper. 

Cerita di lagunya sendiri memang sedih. Menceritakan tentang hubungan yang sudah tidak baik namun dipaksakan dan salah satu pihak rela berkorban. Dengarkan snippetnya berikut ini:



when the party's over memiliki videonya di YouTube! Ini dia! Untuk video ini jug sama: JANGAN TONTON KALO GAK KUAT!



8. 8

Mellow dari track sebelumnya berlanjut ke track kedelapan yang juga berjudul 8. Di lagu ini Billie sudah menyerah untuk bisa mendapatkan hati orang yang dicintainya. Dapat terlihat dari liriknya "So I think I better go, I never really know how to please you." 

Nampaknya memang cintanya bertepuk sebelah tangan jadi yasudahlah hempaskan saja. Saya suka lagu yang ini, musiknya fun dengan ukulele yang mendominasi. Suara vocalnya unik karena diberi efek seperti anak kecil. Sok mangga didengerin!



9. my strange addiction

Ada yang suka nonton tv series The Office? Saya sendiri belum pernah nonton tapi katanya seru. Billie teramat menyukai tayangan ini hingga ia bisa nonton berkali-kali dan tak pernah bosan. 

Bahkan lagu berjudul my strange addiction ini pun terinspirasi dari kecanduan dirinya akan tv series yang bercerita tentang kehidupan kantor yang seru dan penuh drama konyol ini. Cek dis out!



10. bury a friend

Lagu ke sepuluh ini merupakan favorit semua orang. Sangat susah untuk tidak menyukai lagu upbeat ini apalagi untuk teman-teman yang suka tidur ketindihan atau sleep paralysis

Di lagu ini Billie mengambil sudut pandang hantu atau monster yang suka bikin kita ketindihan waktu mau tidur. Instumennya khas sekali dengan banyak suara natural seperti suara gelas, suara kuda, suara gurinda, dll. Coba denger deh!



bury a friend juga telah dirilis terlebih dahulu sebelum albumnya. Music videonya juga sudah ada di youtube. Disutradarai oleh director film The Conjuring 3, sekali lagi, JANGAN TONTON KALO PENAKUT!



11. ilomilo

Di beberapa detik terakhir dari bury a friend ada satu suara drum yang mengambang. Suara ini ternyata bersambung ke lagu selanjutnya, ilomilo. Dilansir dari popbuzz, ternyata lagu ini menceritakan tentang game ilomilo. 

Game itu bercerita tentang dua karakter ilo dan milo yang harus terpisah dan harus saling menemukan. Saat bertemu mereka akan berpelukan. Suara dari musiknya juga terinspirasi dari soundtrack game tersebut. Ini dia lagunya!



Dan ini dia sountrack game nya!



12. listen before i go

Saya sarankan untuk tidak mendengarkan lagu ini saat Anda merasa depresi. Lagu piano ballad ini bercerita tentang orang yang mau bunuh diri. Lirik awalnya langsung bikin merinding "take me to the rooftop i wanna see the world when i stop breathing". 

Lalu bagian reff yang memiliki lirik "sorry there's no way out but down". Lalu ada pesan juga untuk bilangin ke teman-teman bahwa ia minta maaf, sayang, akan rindu, tapi tidak menyesal. Sungguh depresi lagu ini. Mangga dengerin!



13. i love you

Lagu kedua terakhir atau ketigabelas yang berjudul "i love you" ini benar-benar emosional. Berbeda dengan when the party's over dan listen before i go yang begitu gelap, lagu ini mellow tapi mengungkapkan kebahagiaan. 

Liriknya bercerita tentang billie yang merasa senang karena orang yang disukainya bilang "i love you" sama dia saat Billie sendiri tidak punya keberanian itu. Karenanya ia lebih baik berpikiran bahwa si cowok ini hanyalah becanda untuk membuatnya senang. Lagu yang asyik untuk dinyanyikan bersama-sama di sebuah konser.



14. goodbye

Untuk menutup rangkaian lagu dalam album ini di akhiri dengan "goodbye". Dengan durasi yang pendek, ternyata track ini merupakan gabungan dari 12 lagu sebelumnya dari track 2 hingga 13. Belum pernah ada sebelumnya yang melakukan hal semacam ini. Brilian!



Dan itulah review dari masing-masing lagu yang ada di album pertama Billie Eilish - WHEN WE ALL FALL ASLEEP, WHERE DO WE GO?

Saat pertama kali mendengarkan semua lagunya, dengan pengecualian yang sudah dirilis sebelumnya, saya langsung suka dengan my strange addiction, all the good girls go to hell, dan listen before i go. Hanya 3 itu saja. Namun setelah hampir sebulan ini diputer terus hampir saya sukai semuanya. 

Yang patut diacungi jempol dari album ini adalah proses produksinya yang diproduseri langsung oleh kakaknya sendiri yaitu Finneas. Tidak di studio rekaman, melainkan di kamar kakaknya sendiri dengan peralatan home production seadanya. Genius!


Gayanya memang nyentrik!
Untuk mendengarkan album ini pun Billie mempunyai cara yang unik. Ia meminta fans nya untuk mencoba mendengarkan semua lagu ketika tidur dan ceritakan apa yang terjadi. Dari banyak fans yang mengikuti tagar #WHENIFALLASLEEP ceritanya lumayan serem dan seru. Ada yang mimpi buruk, ketindihan, atau pun bahkan ketemu billie.

Saya juga mencoba melakukannya dan benar, tiap tidur dengan album ini ada saja mimpi yang aneh. Ketindihan juga saya alami namun tidak parah dan gampang sadar serta terbangun. Paling sering terbangun di lagu bury a friend yang memang horror sih.

Secara keseluruhan saya menikmati album ini namun nampaknya EP albumnya yang dirilis sebelum ini lebih mantap, menurut saya pribadi ya. Nanti deh saya coba review juga yang EP don't smile at me nya. Sampai di sini dulu ya semoga teman-teman suka dengan MusicReview kali ini!

Saya senang mendengarkan musik genre apa pun. Kalau mau rekomendasiin saya untuk review lagu atau album penyanyi siapa pun, sok mangga kasih tahu di komen dan akan saya bikinkan postingan khusus!


Salam,
Uyo Yahya



0 comments