MovieReview: Disturbia (2007)

dari google
Your mind is in disturbia, it's like the darkness is the light! _Rihanna - Disturbia

But wait, ini bukan tentang lagu Disturbia-nya Rihanna.

Jadi, seharian pas libur May-Day 1 Mei kemarin saya menghabiskan waktu di kosan. Beres-beres kosan dari bangun sampai sekitar pukul sembilan pagi, nyari sarapan, isitrahat sebentar, lalu berakhir dengan tiduran sambil nonton beberapa koleksi movie terbaru di harddsik saya. Tidak semuanya baru sih, contohnya yang akan saya review saja merupakan film yang dirilis tahun 2007 silam.
Ya, Tuhan. Itu berarti saat film ini dirilis saya masih duduk di bangku SMP kelas 2 dan saya baru bisa menikmatinya sekarang, 2014?! Tujuh tahun setelah perilisan. Sungguh! Alhamdulillah tapi dengan internet segalanya bisa lebih cepat sekarang.

Jadi kemana-mana nih pembahasannya.

Disturbia menceritakan seorang remaja laki-laki bernama Kale(Shia Labeouf) yang mengalami depresi karena kedukaannya ditinggal oleh sang Ayah. Kehilangan sang panutan membuatnya lepas kendali hingga saat disinggung tentang Ayahnya di kelas oleh seorang guru bahasa Spanyol, Kale mendaratkan tinjunya di wajah sang guru. Kale menerima vonis tahanan rumah selama tiga bulan. Hukuman ini telah diringankan mengingat usianya yang belum genap 18 tahun.

Salah satu pergelangan kaki Kale dipasangi alat pelacak guna memberikan alert kepada kepolisian bila Ia telah melewati radius 100 meter dari alat receiver di rumahnya. Tiga bulan tanpa sekolah dan bermain di luar merupakan momok yang menakutkan untuk seorang remaja. Maka Ia mencari kesibukan untuk menghilangkan kejenuhan. Dia mendapati kesenangan mengawasi segala kegiatan yang dilakukan tetangga samping-depan-belakang rumahnya. Apalagi mendapati tetangga yang baru saja pindahan memiliki anak seorang remaja wanita yang seusiaan denganya.

Andai saja tidak ada alat pelacak sialan di kakinya, maka berkenalan dengan Ashley(Sarah Roemer) bukanlah hal yang sulit. Akhirnya mereka hanya bisa berinteraksi di halaman saja hingga suatu hari Ashley masuk ke dalam rumah Kale dikarenakan Kale tertangkap basah mengintip Ashley yang sedang berenang.

dari google
Alur film ini hampir saja datar jika tidak ada Mr.Turner(David Morse) tetangga di depan rumah Kale yang dicurigainya sebagai pembunuh kejam dari berbagai kasus pembunuhan di kota-kota Amerika. Kale mengumpulkan banyak bukti hingga Ia begitu yakin dengan spekulasinya. Ia tidak sendirian, ditemani Ronnie(Aaron Yoo) karibnya dan Ashley mereka terus mengintai kegiatan Turner.

Ketegangan semakin memuncak setelah adanya seorang gadis dari klub malam yang dibunuh oleh Mr. Turner. Kejadian ini bisa saja terekam oleh kamera Kale andai saja dia tidak sedang asyik berciuman dengan Ashley. Diujung cerita Kale melangkah terlalu jauh hingga mempunyai masalah besar dengan Mr. Turner yang menculik Ibunya di depan matanya sendiri.

Overall, menurut saya ini merupakan salah satu film Shia Labeouf yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Memang jalan ceritanya cukup sederhana. Seorang remaja yang menajalani hukuman kurungan di rumah lalu mendapati sang tetangganya adalah pembunuh, hanya itu. Tapi ide cerita yang sederhana ini berhasil mengantarkan permainan emosi yang lumayan teratur hingga saya menyebutnya "Unik".

Penasaran aksi Shia Labeouf, pemeran Sam Witwicky di transformer ini menyelamatkan sang Ibu dan menciduk sang pembunuh? Silahkan download filmnya di ganool.com.

Ini dia trailernya...



2 comments

  1. kirain genre horor, ternyata sejenis thriller.. apa pun itu tetap menakutkan.

    ReplyDelete
  2. Waduh...sorry Mba, saya lupa memberikan informasi genre filmnya...hehe

    ReplyDelete