Malas Sahur Mendera di Akhir Ramadhan

facebook.com
"Tak apalah tidak sahur juga, kemarin gak sahur kuat kok sampai maghrib."
Bukan dilihat dari kuat atau tidaknya. Kita mesti lihat dari segi sunatnya. Sudah 2 hari ini saya dan teman-teman sekamar tidak sahur. Apa alasannya? Memang sih sudah disiapkan menu sahurnya di tempat kami kerja ini, tapi kami memilih untuk tidak sahur hanya karena terserang rasa malas.

Yeah, malas sahur di akhir ramadhan memang kerap menyerang umat muslim. Dengan menu yang kadang kurang cocok. Maksudnya? Wah, kamu tidak bersyukur. Menu yang kaya sayur dengan santan kental buat sahur 'kan gak cocok untuk perut orang puasa. Santan melakukan oksidasi berlebih dalam lambung sehingga menghasilkan gas dan membuat produksi asam lambung tinggi. Hal ini bisa malah menimbulkan masalah bagi lambung kita. Trik sederhananya adalah tetap makan dengan sayur tersebut tapi dengan kuahnya sedikit, atau bahkan tanpa kuah. Gak mau kan lagi sibuk-sibuknya kerja terus kita dapat panggilan alam dari toilet...oops.

Alasan sudah merasa terbiasa dengan tidak makan di siang hari pada bulan puasa tidak sepenuhnya benar. Lagi pula apa ini normal? Hey, orang normal makan tanpa disuruh. Dengan memikirkan kemungkinan yang mungkin bisa terjadi bila tidak makan, siapa tahu nanti ada pekerjaan berat yang mendadak, siapa tahu jam kerja hari itu ditambah lembur. Kita tetap mesti makan sahur. Trik saat bosan mungkin kita bisa mencoba makanan kecil dengan air mineral secukupnya. Memang tidak akan sekenyang nasi sih tapi ya lumayan untuk mendapatkan pahala sahur dan untuk menjaga asam almbung agar tidak naik.

Saya malas banget sahur 2 hari ini. Entah karena sugesti dari teman-teman sekamar atau apa...Tapi kemungkinan besar dari diri sendiri. haha

Kalian gimana? Mengalami hal serupa di atas?

9 comments

  1. aduh knaon atuh teu sahur ???
    emang teu aya nu ngahudang keun ??


    itu gambar nya lucu buangaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. aya, cuman ya emang males...


      gambar dari facebook.

      Delete
  2. aaaahhh... sama... aku juga gak suka dengan makanan sahur yang berkuah santan.. pokoknya yang kering kering aja deh..

    tapi aku juga gak bisa kalau gak sahur makan nasi,, ntar siangnya lemes soalnya.. kecuali pas buka seh bisa gak makan nasi.. hmm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, bener banget mbak, nie...yang kering-kering bikin proses cernanya agak lama jadi gak cepet lapar.

      mh...i see...aku sih udah 3 hari total gak sahur...haha...hanya karena males.

      Delete
  3. Lah, kok bisa gitu? Saya aman-aman aja sahur. Kalau nggak sahur, saya nggak sanggup puasa. :D

    ReplyDelete
  4. Emang rada males klo akhir2 mah, semangatnya udah sangat down.

    Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1433 H. Taqobbalallahu minna wa minkum.
    Semoga Allah SWT menerima setiap amal yg kita perbuat.
    Mohon maaf atas segala salah ya bang. :D

    ReplyDelete
  5. aku males sahurnya klo uda deket ke lebaran ..

    ReplyDelete