Tips Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

Saat menjalankan ibadah puasa banyak sekali perubahan yang terjadi pada tubuh kita. Menahan lapar dan dahaga selama 14 jam membuat tubuh dehidrasi. Namun, kita tidak dianjurkan untuk mengeluh. Yang kita lakukan adalah mencari-cara-cara untuk mengurangi dampak dari puasa.

Bibir kering merupakan salah satu masalah yang sering dialami orang yang sedang berpuasa. Mineral yang dibutuhkan tubuh berkurang seirng waktu hingga waktu berbuka. Dan bibir kering ini kerap membuat kita kurang percaya diri saat ada di muka umum.

Berikut ini beberapa tips mengatasi bibir kering saat puasa :

  1. Minum yang cukup
    Konsumsi air mineral minimal 8 gelas pada saat buka dan sahur. Pembagian waktunya bisa disesuaikan. Misal satu gelas saat berbuka sebelum menyantap ta'jil, satu gelas setelah makan, satu gelas setelah sholat tarawih, satu gelas sebelum tidur, satu gelas pada saat bangun tidur untuk sahur, 1 gelas setelah sahur dan satu gelas lagi saat imsak. Total semuanya 8 gelas. Hal ini bisa membantu mengatasi bibir yang kering selama puasa.
  2. Hindari Makan Pedas dan Asin
    Saat berbuka puasa dan sahur hindari makanan pedas dan terlalu asin. Kedua jenis makanan ini dapat menyebabkan bibir dan mulut kering. Selain itu mengonsumsi makanan asin dan pedas membuat Anda cepat haus.
  3. Hindari Menjilat Bibir
    Menjilat bibir sama sekali tidak membantu. Malahan dapat memperburuk kondisi kulit bibir. Air liur yang menempel, membuat bibir semakin kering. Oleh karenanya, hindari menjilat bibir.
  4. Madu
    Madu merupakan cara alami untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Selain dikonsumsi, Anda dapat mengoleskannya pada bibir. Masalahnya Anda tidak bisa mengoleskan bibir di tengah hari. Oleskan madu menjelang tidur. Saat sahur, minumlah madu sebanyak tiga sendok makan. Selain dapat mencegah bibir kering, madu juga memberikan Anda kekuatan selama berpuasa.
sumber

2 comments

  1. Keknya paling sulit mencukupkan minum di bulan puasa. Selain sering lupa, aku juga lebih banyak makan. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, motivasi balas dendam kakaakin ini...heu

      Delete