Tips Buat Yang Suka Nulis

Ada gak sih dari kalian sobat wtw yang suka nulis? Pastinya ada dong, mesti ada. 

Kemampuan linguistik adalah salah satu keahlian yang gampang ditemukan di negeri ini. Buktinya penduduk negeri kita banyak yang berprofesi sebagai wartawan, reporter, penyiar radio, presenter, editor dan juga penulis. Banyak juga kegiatan-kegiatan kepenulisan dan kesusastraan yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga pendidikan untuk mengembangkan minat sastra masyarakat. Dan peminatnya pun selalu tinggi. Ini adalah bukti bahwa usia muda peminat bahasa dan sastra cukup banyak jumlahnya. Termasuk saya, hehe.

Terjebak dalam bidang yang benar-benar tak mempunyai sinkronisasi dengan hati, caelah, tak membuat saya ciut untuk tetap menulis. Memang tidak ada banyak waktu kalau untuk menulis narasi. Setidaknya lembar-lembar puisi media ungkapan diri tercipta di setiap momen yang berbeda.

Berikut ini ada tips buat kalian yang ingin menajamkan kemampuan kepenulisan ala wtw :

  1. Menulis dan menulislah. Hanya dengan menulis dengan frekuensi yang rutin, minimal sempatkan waktu 1 jam sehari, Insyaalloh kelihaian memainkan kata akan terbentuk secara alami.
  2. Ide itu banyak. Tidak ada miskin ide. Yang ada hanyalah ide yang belum menghampiri kita. Saat kehilangan inspirasi cobalah untuk berjalan melihat dunia luar barang sejenak. Berjalan adalah kebiasaan yang dilakukan Rosululloh semasa hidupnya.
  3. Gak perlu pintar. Bener banget, buat menulis itu tidak perlu kepintaran yang super duper brilliant. Manfaatkan apa yang ada di kepala, eksplorasi dan improvisasi semampu kalian. Itu saja cukup. Dan kepintaran menulis akan terbentuk seiring waktu
  4. Menulis bukan menyunting. Selesaikan dulu kegiatan menulis. Menyunting adalah kegiatan yang berbeda dengan menulis. Dan itu adalah tugas editor. Bersikaplah kritis saat kalian menjadi editor untuk tulisan sendiri.
  5. Membaca untuk Menulis. Baca-tulis memang dua kegiatan yang saling berkaitan erat. begitu pula untuk mendapatkan keterampilan menulis kalian mesti sering baca buku untuk menambah perbendaharaan kata dan mendapatkan gaya menulis sendiri.
  6. Publikasi itu perlu. Jangan muluk-muluk. Sharing karya kalian di blog pribadi atau pun blog organisasi juga boleh. Ini akan mendatangkan penilaian orang-orang mengenai karya kalian dan akan semakin memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada di kemudian hari.

Itu saja tips buat sobat wtw yang suka nulis. Semoga bermanfaat!

1 comments

  1. Cukup sulit menyempatkan waktu untuk menulis selama 1 jam, melihat aktivitas yang padat seperti sekarang ini..

    ReplyDelete