Baru Ku Sadari (Mataku oh mataku)

"Yo, ulah maca bari sasarean...bisi rusak mata..."
(Yo, jangan baca sambil tiduran...nanti rusak matanya...)

Catatan : Saya tidak pernah periksa ke optical center mengenai mata. Saya cenderung menghindari tempat yang memamerkan berbagai kacamata dari merk ternama sampai merek ecek-ecek, dari yang termahal sampai yang terjangkau. God, si ahli optik kerap kali memergoki saya sedang memperhatikan kacamata yang dipajang di etalase toko.

Dalam beberapa narasi saya menyebutkan bahwa ada masalah antara koordinasi mata dan tangan saya. Saya yakin bola voli yang dilempar teman dari seberang lapangan akan tertangkap secara pas oleh tangan saya. Tapi, benda bulat itu lolos dan saya pesimis. Dan mengenai matematika, saya sulit untuk membedakan karakter x (eks) dengan X (kali).

Hari kemarin saya ngalor-ngidul nyari artikel yang sesuai dengan tema blog ini dan saya terdampar di artikel Mata Terang Dunia-mu! di websitenya Hilo-teen.com.

Saya tahu ini artikel untuk penggugah motivasi remaja. Namun saya terpana pada paragraf pertamanya yang berisi semua masalah saya ketika masih mengenyam bangku pendidikan. Berikut artikelnya saya copas dari hilo-teen.com

Bermasalah dengan matematika? Susah membaca tulisan? Atau ga jago olahraga? Weww masa sekolah bisa berubah seperti neraka kalau sudah begini! Jangan stress menyalahkan diri sendiri!
Hehehe jangan bingung dulu teens! Ternyata para ahli menunjukkan bahwa gangguan belajar bisa saja disebabkan oleh gangguan penglihatan. Ternyata, bagaimana sistem visual kita mengolah informasi dari lingkungan bisa mempengaruhi performa kita di sekolah.
 
Dari Mata Turun ke Otak
Pastinya kamu sudah tahu kalau retina adalah bagian dari mata yang berperan supaya kita bisa melihat. Nah, retina kita terdiri dari beberapa jenis sel yang merespon stimulus atau rangsangan tertentu. Jenis sel tertentu akan merespon terhadap warna, sedangkan sel lainnya akan merespons terhadap gerakan. Sel-sel ini kemudian saling bekerja sama dalam memberikan informasi, yang akan memberikan pengalaman visual secara menyeluruh ketika digabungkan.
 Di antara kumpulan tersebut, ada satu kumpulan sel yang merespon gerakan serta menghantarkan informasi dari mata ke otak. Sel-sel tersebut dikenal juga sebagai sel magno. Sel-sel magno inilah yang berperan sehingga kita dapat melihat kejadian secara berkesinambungan, sama seperti kita menonton video. Tanpa sel-sel ini, otak kita tidak dapat menggabungkan informasi secara utuh sehingga kemampuan belajar kita terganggu deh!
 Fight the Small Dysfunction!
 So, kalau kamu mengalami gangguan belajar, jangan langsung mencap diri negatif. Dan yang tidak kalah penting, jangan dibiarkan begitu saja. Mengenali penyebab gangguan belajar dapat membantu kita mengerti pelajaran dengan lebih baik. Ayo tetap jaga kesehatan matamu! Nilai jadi terbantu, jadi lebih pede!
Untuk membantu menjaga agar fungsi mata dan fungsi tubuh tetap optimal, jangan lupa mengonsumsi nutrisi seimbang untuk menunjang aktivitasmu! Untuk memenuhi kebutuhan gizi harian, konsumsilah susu rendah lemak dengan nutrisi lengkap, termasuk vitamin A yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Dengan nutrisi yang tepat dan seimbang, belajar bukan lagi hambatan!
Stay smart and active, teens!
sumber artikel : http://goo.gl/f8tL6 
Beberapa poin menyebutkan dan menyardarkan diri saya bahwa saya memiliki masalah dengan mata dikarenakan terlalu sering membaca buku di ruang yang kurang terang, sambil tiduran pula. Dari komen pembaca lain juga menyebutkan bahwa kekeliruan menghitung karakter sama yang berjejer merupakan ciri dari kerusakan silinder mata. Oops...saya terkadang bingung menghitung 111111, jumlahnya 7 atau 6, ya?
Emak...Abah...kumaha ieu?
Saya tidak ingin berakhir dengan kacamata bertengger di hidung saat tua nanti. Saya ingin setelah ashar, badan dalam keadaan bersih, di ruang baca rumah dengan sorot matahari redup tersaring tirai tipis mengenai tangan yang sedang memegang buku yang sedang asyik saya baca. Terinspirasi dari kehidupan tokoh fiksi Robert Langdon di buku Angel And Demons karyanya Dan Brown.
So, what should I do now?
Pilih yang alami-alami aja, deh. Mulai konsumsi banyak aneka sayuran dan buah, terutama wortel. Terus pesennya jus wortel kalau pas temen-temen kantor pada order ke kawan sekamar saya pananjung. Baca buku di ruangan yang cukup terang dan tidak sambil tiduran. Mulai Sekarang!

Well, buat kalian yang punya masalah dengan mata apa yang kalian lakukan untuk mereduksi tingkat kerusakannya?

4 comments

  1. banyak banyak makan sayuran aja, terutama wortel,, bagus tuh buat kesehatan mata..
    salam kenal gan.. di tunggu kunjungan baliknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, iya itu memang yang akan saya lakukan,,,

      langsung ke TKP

      Delete
  2. Alhamdulillah aku tak memerlukan kacamata.
    Semoga mata kita sehat selalu ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Aamiin...
      Aku juga gak pake dan gak mau pake...

      Delete