3 Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Saat Puasa

Bulan Ramadhan, bulan dimana umat muslim melakukan ibadah puasa wajib menjadi momen yang paling menyenangkan bagi semua umat. Benarkah? Benar banget, gak jarang lho umat beragama lain yang membuat menu kolek saat bulan Ramadhan. Berdasarkan pengalaman pribadi, waktu masih bekerja di Jakarta sono noh...Para cici-cici Chinese bikin kolek di kantor. Lumayan deh saya jadi gak perlu beli ta'jil di jalan.

sumber
Menurut ahli kesehatan dan kecantikan pun puasa memang dianjurkan untuk taraf kesehatan yang lebih baik. Selama berpuasa terjadi detoksifikasi kulit dan metabolisme tubuh yang terjaga dengan baik. Keteraturan waktu makan membuat tubuh merespon keadaan tersebut dengan baik. Sehingga bukan sedikit Dokter yang bercerita bahwa tempat praktik mereka kehilangan hampir 80% pasien selama bulan puasa. Oo em jii... Bagaimana setelah bulan puasa berlalu. Pasien mereka kembali membludak dikarenakan umat muslim sudah tidak terlalu teratur lagi pola makannya. So, buat lebih sehat "Mari Puasa!"

Namun bagi penderita 3 penyakit dibawah ini puasa bisa menyebabkan kekambuhan yang lebih sering. Berikut 3 masalah kesehatan yang sering muncul saat puasa:

1. Maag
Tidak makan dan minum  selama 14 jam memang berat dirasakan oleh penderita maag. Asam lambung yang menignkat membuat lambung lebih cepat teriritasi sehingga maag terjadi. Untuk mengantisipasinya, perbanyak konsumsi makanan berserta tinggi seperti buah dan sayur pada saat sahur untuk memperlambat pengosongan lambung untuk mencegah cepat naiknya asam lambung.

2. Hipoglikemia
Penyakit kekurangan kadar gula ini kerap dialami orang yang sedang puasa. Jelas saja tubuh yang biasanya mendapatkan energi dari makanan yang manis-manis dengan cara ngemil harus berhenti menerima pasokan tersebut selama puasa. Akibatnya tubuh cepat melemah dan terjadilah hipoglikemia. Konsumi makananan dengan kandungan glukosa alami saat buka dan sahur untuk mengantisipasi hipoglikemia.

3. Kolesterol
Prinsip balas dendam setelah seharian tidak makan dan minum yang diberlakukan sebagian orang saat berbuka puasa tidak baik untuk dilakukan. Padahal puasa tidak sekedar menahan lapar dan haus. Mereka cenderung memperbanyak jenis dan porsi makanan berat sehingga kolesterol tidak dapat dihindarkan. Agar terhindar dari kolesterol saat puasa, makanlah makanan yang ringan terlebih dahulu untuk 20-30 menit setelahnya barulah konsumsi makanan beratnya.

Itulah 3 masalah kesehatan yang sering dialami banyak umat muslim saat puasa. Ada tambahan masalah dan antisipasinya? Silahkan komen di sini ya...

0 comments